MODUL MENTORING COPYWRITING


MODUL MENTORING COPYWRITING - Welcome to mentoring copywriting. Kata bijak mengatakan buah yang sudah masak tinggal menunggu waktu untuk jatuh dan membusuk. Semua pemimpin adalah pembaca yang membawa kita pada suatu pengertian bahwa ilmu pengetahuan tidak terbatas dan tidak akan pernah habis untuk di pelajari.
Penelitian menyimpulkan bahwa masa anak-anak adalah masa penyerapan pengetahuan tentang segala sesuatu berjalan dengan cepat kemudian proses belajar ini mulai menurun seiring bertambahnya usia walaupun tidak disababkan karena berkurangnya fungsi otak, akan tetapi lebih cenderung disebabkan karena rasa ingin tahu yang berkurang. Anak kecil memiliki beberapa kelebihan ketika mereka mempelajari sesuatu, antara lain:
  • Mereka belajar dengan gembira
  • Mereka belajar sambil bermain
  • Mereka belajar dengan rasa ingin tahu
  • Mereka belajar tidak takut salah
  • Mereka belajar tanpa malu bertanya
  • Mereka percaya sepenuhnya kepada orang yang mengajar
  • Mereka tidak berdebat tapi bertanya
Sebaliknya, kenapa orang dewasa sangat sulit untuk mempelajari sesuatu? Jawabannya mereka tidak memiliki sifat atau cara belajar yang sama dengan cara belajar anak kecil. Apa yang akan dibahas dalam mentoring copywriting online ini mungkin Anda sudah pernah dengan atau bahkan pelajari, bagi Saya itu tidak penting.
Bagi Saya yang TERPENTING apakah Anda sudah menerapkannya itu yang akan membuat perbedaan dengan hasil pada bisnis Anda. Atau jangan-jangan ilmu yang Anda dapat hanya menjadi pengetahuan saja, tapi tidak BERDAMPAK pada peningkatan OMZET, PROFIT atau CASH bisnis Anda. PERCUMA! #Nyesek
Maka untuk memperoleh hasil yang maksimal dari MENTORING COPYWRITING ini, saran Saya HINDARI 3 KATA Ini, yaitu….

SAYA SUDAH TAHU atau OH GINI DOANG…



Ketika Anda merasa SAYA SUDAH TAHU atau bilang OH GINI DOANG maka Anda cenderung untuk tidak lagi memperhatikan karena Anda membatasi pikiran Anda terhadap informasi yang akan masuk. Sebaliknya jika Anda menemukan bagian-bagian yang sudah Anda mengerti kata SAYA SUDAH TAHU bisa Anda ganti dengan….

YA, MENARIK JUGA! 



Bukankah untuk menjadi seorang MASTER dibidang apapun Anda harus mempelajari dan mengulangi lagi sesuatu yang sama hingga mahir, karena orang tidak cukup hanya belajar sekali langsung menjadi mahir. Butuh puluhan, ratusan, bahkan ribuan kali pengulangan hinga akhirnya Anda menemukan POLAnya.
Saran Saya OPEN MIND dan Ikuti Prosesnya hingga Anda benar-benar merasakan perubahan dalam bisnis Anda dari Program MENTORING COPYWRITING ini. KarenaPengulangan adalah GURU yang TERBAIK.

Knowledge is Something, Appliying What You Know Is Everyting, but Knowledge + Action = PERFECTING.



Jangan sungkan untuk bertanya jika ada yang tidak dipahami. Disini kita semua sama-sama belajar.

Ingat: Tekun gila-gilaan, EKSYEN gila-gilaan! 



Jika sudah demikian, maka hasilnya pun akan sangat MEMUASKAN
Selamat menikmati pembelajaran Mentoring Online Mahir Copywriting – Tanpa Harus Pusing, Langsung dapat Cring-cring!

MODUL 1 – 3 RULES OF COPYWRITING


Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai COPYWRITING, kita terlebih dahulu harus tahu RULESnya agar kita mengetahui sampai dimana kita melangkah.
Inilah 3 Rules Copywriting yang WAJIB Anda ketahui:

RULES #1 : Fokus Pada GOAL bukan pada KONTEN

 

GOAL = Traffik, List, Konversi, Buyer, Recurring


Kenapa GOAL selalu jadi yang utama setiap Anda merencanakan sesuatu?
Ya, karena GOAL itulah yang membuat kita bergerak. Jadi tentukan dulu GOAL Anda sebelum mempelajari Copywriting. GOAL yang akan Anda tentukan disini adalah GOAL yang berkaitan dengan Traffik, List, Konversi, dan Recurring
Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:
1. Tentukan GOAL Bisnis Anda, jangka pendek, menengah dan jangka panjang?
  • Tentukan Dimana dan berapa Traffik yang akan Anda dapatkan?
  • Tentukan berapa list akan akan dapatkan dari traffik tersebut?
  • Tetapkan berapa banyak konversi dari promosi ke List Anda?
  • Tentukan berapa banyak yang menjadi buyer dari konversi list Anda?
  • Terakhir tentukan persentase orang yang yang recurring atau pembelian dengan transaksi yang sama dari produk Anda?
2. Apa alasan kuat Anda dibelakang GOAL – GOAL tersebut?
  • Ingin membeli rumah (awalnya ngontrak)
  • Ingin mengumrohkan atau menghajikan orang tua
  • Ingin membeli mobil baru
  • Ingin menyekolahkan ke sekolah favorit
  • Ingin…….
3. Reward atau penghargaan apa yang akan Anda dapat jika berhasil mencapai GOAL?
  • Mengajak makan bersama keluarga di cafe atau restoran
  • Syukuran dengan anak-anak panti asuhan
  • Sedekah lebih sering dan lebih banyak
  • (Silahkan Pikirkan….)
4. Punishment atau hukuman apa yang akan Anda dapat jika tidak berhasil mencapat GOAL Anda?
  • Pegang spanduk di pinggir jalan yang bertuliskan “Bulan ini Saya tidak mencapai target omset 100juta, mohon doanya agar bulan depan bisa tembus omset 100juta”,  aamiin..
  • bangun lebih pagi, bekerja lebih giat dan tambah waktu kerja
  • Ibadah wajib lebih tepat waktu dan sunnah di rutinkan
  • (Silahkan Pikirkan….) 

 


RULES #2 : Berdasarkan Customer Persona, Bukan Atas Maunya Kita


Customer Persona sangat penting dalam sebuah bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan. Kenapa? Karena jika Anda sudah mengetahui Customer Persona dari bisnis Anda akan sangat membantu sekali dalam membuat copywriting yang powerfull sehingga bisa mendapatkan konversi yang tinggi.
Kita akan bahas lebih mendalam tentang Customer Persona pada modul berikutnya.

 

RULES #3 : Tidak Hanya Asal Jadi, Tapi Juga Harus Ada Interaksi


Apakah aktifitas copywriting itu hanya cukup menulis naskah iklan lalu di publish, selesai?
Tentu tidak sampai disitu, ada yang lebih penting dari itu semua yaitu membangun interaksi dengan calon customer. Interaksi berguna untuk membangun kedekatan. Ingat! No Raport No Sales, Jika tidak dekat maka tidak akan ada penjualan.
Maka dari itu bangunlah kedekatan dengan calon pembeli yaitu dengan cara memberikan like terhadap komentar dari orang yang merespon iklan Anda, membalas komentar mereka, dan yang terpenting adalah after sales, karena ini yang sering orang lupa.
Itulah 3 RULES yang harus Anda pahami betul-betul sebagai langkah awal Anda mulai mentoring online ini. Materi selanjutnya Anda akan belajar tentang Customer Persona, dan ini bakal sangat menarik.
Namun, sebelum membaca modul selanjutnya, pastikan Anda mengerjakan tugas dalam Materi pertama ini dengan sungguh-sungguh. Silakan jawab pertanyaan-pertanyan pada RULES #1. Semakin detail, maka hasilnya akan semakin bagus.
Ayo, LANGSUNG Praktikkan!

MODUL 2 – CUSTOMER PERSONA


Saya punya prinsip bahwa setiap produk ada jodohnya, artinya setiap produk punya target market yang berbeda. Target market memiliki kekuatan 10x lipat dibanding copywriting. Produk yang dipromosikan pada target market yang tepat bakal LARIS meski copywritingnya acak-acakan. Ini pernah terjadi pada klien saya saat jualan hijab. Dia sering sekali Broadcast di BBM dengan iklan tanpa mengikuti kaidah copywriting. Saat saya tanya penjualannya, spontan dia jawab 5 juta/hari. Wow!
Kali ini kita akan belajar bagaimana mencari Customer Persona, yang berarti Anda mencari HIPOTESIS tentang karakter target market dari Produk yang Anda jual, khususnya mengenai faktor manusia mulai dari:
  • Gambaran demografi (Jenis Kelamin, Usia, Pekerjaan dan Penghasilan)
  • Apa saja keinginan mereka? Apa masalah yang bisa diselesaikan dengan hadirnya produk Anda?
  • Apa saja yang mereka khawatirkan?
  • Kemana mereka mencari informasi yang mereka percaya?
  • Dimana mereka berkumpul? ONLINE seperti di Grup Facebook, WA, BBM, LINE atau Telegram), kalau OFFLINE seperti arisan, komunitas, club, atau organisasi?
  • Bagaimana pola pembelian target market Anda? (Beli lewat SMS, BBM, WA, LINE atau Webiste)
[PRINSIP] Setiap Produk Punya PERSONA BERBEDA dan STRATEGI JUALAN YANG BERBEDA
Dengan mengetahui customer persona setiap produk, maka strategi yang saya gunakan untuk promosi juga berbeda. Hal ini pula yang harus Anda lalukan, temukan customer persona setiap produk Anda. Bayangkan… ketika Anda punya target market yang tepat dan mahir copywriting, DIJAMIN rekening Anda bakalan BENGKAK! 
Jawaban dari Hipotesis tentang Prospek Anda tersebut akan menjadi Landasan Anda dalam merumuskan secara tepat siapa yang akan Anda jadikan target dan isi copywriting.
Lanjut…
Saat si Prospek membaca Copywriting Anda, mereka akan SELALU berpikir “Apakah produk atau jasa ini sesuai dengan kebutuhan saya?”
Jadi, Anda tidak menjual dengan cara yang sama ke setiap orang karena setiap orang punya karakter yang berbeda. Paham kan?
Selanjutnya, agar Anda makin PAHAM dengan karakteristik TARGET MARKET produk Anda, saya berikan Customer Persona Cheklist. Silahkan siapkan alat tulis Anda atau apapun yang bisa digunakan untuk mencatat, Ready?

Inilah Cheklistnya:


1. Buat Daftar Nama Prospek (Database)
  • Nama Lengkap
  • Alamat lengkap
  • Email
  • Alamat Sosmed (FB, Twitter, Instagram, atau Website)
  • No HP/ WA, Pin BB, LINE@
  • Foto
2. Buat Informasi Latar Belakang Prospek
  • Usia
  • Gender
  • Pekerjaan
  • Pendidikan
  • Lokasi/Alamat
  • Hubungan
  • Pengalaman Kerja
3. Dimanakah menemukan mereka atau prospek Anda?
  • Media Sosial : Facebook, Twitter, G+, Path, Instagram, LINE, dll.
  • Forum, Komunitas, Paguyuban, Perkumpulan, dll.
  • Reuni TK, SD, SMP, Kuliah, dll.

Setelah menentukan Custumer Persona Anda lalu buatlah daftar untuk Spesifikasi Produk Anda:


4. Tuliskan 7 Alasan Kenapa Orang lain HARUS BELI produk Anda
  • Lebih Mudah… ?
  • Lebih Cepat… ?
  • Lebih Eksklusif… ?
  • Lebih Variatif… ?
  • Lebih Murah… ?
  • Lebih Tahan Lama… ?
  • Lebih Enak… ?
  • Lebih ….? (Silahkan Pikirkan!)
5. Tuliskan Alasan-Alasan Kenapa Mereka HARUS PERCAYA kepada Anda
  • Tersertifikasi… ?
  • Testimoni… ?
  • Endorsement… ?
  • Bukti… ?
  • Garansi… ? 
  • Sudah terbukti… ?
  • Kedekatan… ?
  • Direkomendasikan oleh… ? 
  • ….? (Silahkan Pikirkan!)
6. Tuliskan 7 Alasan Kenapa Orang lain TIDAK BELI produk Anda
  • Kualitasnya jelek… ?
  • Harganya mahal… ?
  • Sulit didapat… ?
  • Servicenya buruk… ?
  • Rasanya tidak enak… ?
  • Pelayanannya Lama… ?
  • Tidak tahu… ?
  • ….? (Silahkan Pikirkan!)
7. Tuliskan Bagaimana Caranya agar Mereka Bisa Langsung Merespon Penawaran Anda
  • KASIH HADIAH… ?
  • PROMO GRATIS… ?
  • BERIKAN BONUS… ?
  • GUNAKAN DISKON… ?
  • ….? (Silahkan Pikirkan!)
Selanjutnya Cari dan Temukan “HOT BUTTON” Prospek:
  • Apa saja KEKHAWATIRAN mereka?
  • Apa yang paling DIINGINKAN Prospek?
  • Apa yang paling DITAKUTKAN Prospek?
  • Apa MIMPI Prospek yang Ingin Anda bantu?
  • Apa KEBUTUHAN Prospek yang ingin Anda penuhi?
  • Apa MASALAH Prospek yang ingin Anda selesaikan?
Setelah Anda menjawab semua pertanyaan diatas, secara tidak langsung Anda juga telah membuat copywritingnya, AHA!
Sayangnya sebagian besar melewatkan proses ini dan ingin langsung membuat copywriting. Mereka sering bilang, Ribet, Gak Penting, Habis-habisin waktu dan segudang alasan lainnya.
Padahal dengan menjawab setiap pertanyaan dengan detail, maka alam bawah sadar Anda akan terlatih dalam menganalisa kekuatan dan kelemahan suatu produk sehingga dapat memebuat copywriting yang tepat dan cepat. Itulah yang saya rasakah sekarang. Ini Rahasia Saya dapat membuat copywriting dengan cepat!
So, Jangan hanya dibaca, segera tulis dan jawab pertanyaannya!
INGAT! Jangan Lanjutkan modul berikutnya, sebelum Anda menyelesaikan modul ini. Pastikan Anda sudah benar-benar membuat customer persona untuk produk-produk di bisnis Anda!
Nanti kita akan kupas bareng-bareng, Sip?

MODUL 3 – CARA MEMBANGUN KOLAM UANG DI INTERNET


Kenapa membangun Kolam Uang itu PENTING? Karena jika kita hanya FOKUS mencari OMSET tanpa pernah membangun ASET maka kita akan kelelahan, CAPEK deh… :’) Ya, Kita harus membangun ASET, karena ASET akan menghasilkan OMSET KINI dan NANTI. Lalu apa yang dimaksud ASET itu?

ASET itu adalah LIST atau DATABASE



Karena dengan adanya LIST kita tidak akan pusing akan jualan produk kita ke siapa. Maka, bangunlah LIST Anda mulai dari sekarang juga! Jika seandainya Anda mempunyai LIST yang dibina dengan baik maka akan mengubah PROSPEK jadiBUYER, lalu jadi CUSTOMER dan akhirnya menjadi Seorang FANS. Jika itu sudah terjadi, maka produk apa saja yang Anda jual pasti LAKU KERAS. Inilah yang terjadi pada database Saya saat ini. Sebagian besar sudah menjadi FANS, hasilnya hampir semua produk yang Saya jual pasti dibeli. Alhamdulillah…

[TANGGA LOYALITAS] PROSPEK —> BUYER —> CUSTOMER —> FANS


Nah, dengan membangun kolam uang, Anda tidak hanya sekedar jualan. Namun Anda sedang menciptakan TRUST dan membangun RELATIONSHIP dengan customer Anda. Lalu, Kolam Apa Saja Yang Anda Harus Bangun? Sebelum Anda mengetahui kolam apa saja yang ingin Anda bangun, Anda harus tahu 2 jalan yang bisa Anda gunakan untuk memancing ikan yaitu Mancing di Kolam Sendiri dan Kolam Orang Lain, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya:
1. Mancing di Kolam Sendiri
  • GRATIS alias tidak bayar (walaupun nggak gratis2 amat)
  • BEBAS mau kapan saja mancingnya tapi jangan tiap hari mancing, he…
  • Butuh waktu yang lumayan LAMA untuk mendapatkan ikannya.
2. Mancing di Kolam Orang Lain
  • Gak Gratis, ya, BAYAR untuk pasang iklan, misal Endorse Intagram, Iklan diakun Twitter Buzzer atau Promote di Grup Facebook orang.
  • TERBATAS dan ada SYARAT yang harus dipenuhi.
  • Lebih CEPAT untuk mendapatkan hasil.
Kolam disini artinya tempat berkumpulnya orang di Internet. Ada banyak kolam di Internet, namun yang Saya bahas disini adalah kolam yang sudah Saya bangun dan Terbukti MENGHASILKAN.
Inilah 7 Kolam Ikan Yang WAJIB Anda Bangun :
  1.  Email List
  2. Blacberry Massanger
  3. Facebook Group
  4. Facebook Fanspage
  5. Pixel Audience
  6. Group Whatapps
  7. Akun Twitter Kolam lain yang bisa Anda bangun, yaitu :
  • Sosial Media seperti Instagram, Path, dll.
  • Mesangger seperti LINE, Telegram, dll.
  • Website Komunitas

[PRINSIP] Pilih Kolam yang sesuai dengan TARGET MARKET Anda dan Anda ENJOY disana

4 Langkah Membagun Kolam:


  1. Buat Kolam
  2. Masukkan Ikan ke dalam kolam
  3. Kasih makan ikannya
  4. Pancing

Kita bahas satu-satu secara singkat saja…

1. BUAT KOLAM


  • Jika Anda ingin buat di email, maka siapkan dulu funnel/website dan autorespondernya. Contoh : Luar : Getresponse, MailChimp, Aweber, Active Campaign, Infusionsoft, dll. Indo : Viosender, Profitsender, dll.
  • Jika Anda ingin membuat kolam di Blackberry, maka siapkan dulu Blackberry khusus jualan
  • Jika Anda mau buat kolam di facebook, maka segera buat Group Khusus dan Fans Page
  • Dan seterusnya…

2. MASUKKAN IKAN KE DALAM KOLAM


  • Menyusun Lead Magnet
  • Pikirkan, Apa yang Target Marget Anda Inginkan lalu buat solusinya secara bertahap. Ingat! Kita bukan jualan produk, tapi jual solusi atas permasalahan orang lain.
  • Anda bisa memberikan mereka Free Ebook, Quis berhadiah, Kupon, Free Webinar, Newsletter, Free Audio Book, Free Gift, dll.
  • Intinya adalah bagaimana caranya mereka MAU memberikan LIST kepada Anda dengan suka rela. Setelah itu infokan ke sebanyak-banyaknya orang.
  • Bikin halaman OPTIN dalam sales page Anda.
  • Join Venture dengan orang yang sudah banyak Listnya.

3. KASIH MAKAN IKANNYA


  • INGAT PRINSIP : Sharing-sharing Dahulu, Selling-selling Kemudian.
  • Contoh : Berikan banyak edukasi yang berkaitan dengan produk Anda di kolam yang telah Anda buat tadi, INGAT! BUKAN edukasi tentang produk Anda! Bedakan ya!
  • HUKUM RECIPROCITY : Kasih dulu, baru menerima. Memberikan rasa sungkan ketika ditawarkan untuk membeli.

Kenalan >> Bangun Kedekatan >> Building Trust >> Relationship


  • LIST Anda akan membeli kepada Produk Anda Jika Mereka Percaya kepada Anda. Makanya bangun kedekatan dengan cara memberikan EDUKASI apapun yang berkaitan dengan Produk Anda.

4. PANCING


  • Siapkan Umpan : Copywriting yang aduhai, Penawaran yang Menawan, dan Timing yang Pas.
  • Luruskan Niat : Niatkan untuk membantu prospek menemukan solusi, Anda bukan jual produk melainkan JUAL SOLUSI.
  • Mainkan Copywriting : Jangan lupa selalu pakai copywriting ketika sebelum dan sesudah penjualan, karna kebanyakan orang hanya melakukannya ketika promosi saja. Jika lupa after sales maka akan terjadi Lost Customer atau hilangnya customer. Ingat ya!
  • Authorithy : Pastikan calon customer tahu siapa Anda, maka bangun kedekatan itu penting untuk mengetahui satu sama lain. Jika calon customer tidak tahu siapa Anda, dapat dipastikan Anda akan sudah closing. Kenal aja nggak apalagi beli.

Biar lebih paham Saya akan berikan Study Kasus sederhana, sip!
#STUDY KASUS 1PRODUK : Cream Pemutih Wajah
  • Kolam Ikan : Email List
  • Masukkan Ikan Ke Kolam : FREE EBOOK “Cara Cepat dan Mudah Memutihkan Wajah Dalam Waktu 24 Jam Bahkan Kurang”
  • Kasih Makan : Follow Up Email >> Kasih edukasi yang berkaitan dengan produk pemutih wajah.
  • Pancing : Jualan Cream Pemutih Wajah
#STUDY KASUS 2PRODUK : Training Desain Slide Presentasi
  • Kolam Ikan : Email List
  • Masukkan Ikan ke Kolam : FREE 9 Slide Presentasi Kelas Dunia
  • Kasih Makan : Email Follow Up >> Kasih mereka trik-trik sederhana bagaimana membuat presentasi yang menarik dengan power point.
  • Pancing : Jualan Training Desain Slide Presentasi
#STUDY KASUS 3PRODUK : Kaos Super Hero
  • Kolam Ikan : Blackberry Messenger
  • Masukkan Ikan ke Kolam : Dapatkan Diskon 30% dengan Add Pin XXXX
  • Kasih Makan : Broadcast edukasi dan update jadwal film superhero
  • Pancing : Jualan Kaos Super Hero
#STUDY KASUS 4PRODUK : Jilbab Syar’i
  • Kolam Ikan : Fans Page Facebook
  • Masukkan Ikan ke Kolam : FREE Membership Pengajian Online
  • Kasih Makan : Artikel tentang muslimah
  • Pancing : Jualan Jilbab Syar’i
#STUDY KASUS 5PRODUK : Sepatu Bola dan Fulsal
  • Kolam Ikan : Group Facebook
  • Masukkan Ikan ke Kolam : Free Update Info Sepak Bola dalam dan luar negeri.
  • Kasih Makan : Artikel, video, dan berita seputar dunia sepak bola.
  • Pancing : Jual Sepatu Bola dan Fulsal
Sekarang coba tanyakan kepada diri Anda:
  • Sudahkah Anda Melakukannya Selama Ini?
  • Apakah Anda Sudah Membangun List Anda?
  • Apakah Anda Sudah Membina List Anda dengan Baik?

JIKA BELUM, SEGERA LAKUKAN SAAT INI JUGA!



INGAT : Lebih Baik MEMBINA LIST Anda Sekarang sebelum Bisnis Anda yang BINASA!



MODUL 4 – 8 ELEMENT COPYWRITING


Setelah Anda mendapatkan TARGET MARKET kemudian memasukkan mereka yang dalam KOLAM IKAN yang sudah Anda buat, sekarang saatnya ke materi inti tentang COPYWRITING. Seperti judul materi diatas, kali ini Anda akan mempelajari tentang 8 Element Penting dalam Copywriting. Kenapa materi ini begitu penting dalam mentoring? Dengan mengetahui formula dasar ini, Anda akan mampu menentukan elemen mana saja yang diperlukan dalam promosi Anda, sebab masing-masing media memiliki susunannya sendiri.
Inilah 8 Elemen Penting Copywriting!

HEADLINE


Headline adalah bagian terpenting dari copywriting Anda. Jika dalam 3 detik pertama dari Headline iklan Anda tidak bisa menyentuh emosional pembaca maka bisa dipastikan promosi Anda gagal atau kalau pun terjadi penjualan itu konversinya kecil. Seperti yang Anda tahu bahwa Headline adalah Iklannya iklan Anda. Menurut penelitian bahwa di amerika 80% orang membeli koran karna tertarik dengan Headline dalam cover depan koran tersebut. Bayangkan jika Headline dalam koran tersebut dibuat asal-asalan, dilihat orang pun tidak apalagi membelinya.
Ada penelitian yang menarik juga bahwa ternyata orang memutuskan membeli sesuatu bukan dari apa yang mereka suka melainkan dari kalimat utama atau headline dari produk tersebut. Dan keputusan tersebut terjadi sangat cepat yaitu sekitar 3 – 8 detik, maka buatlah headline semenarik mungkin dari iklan Anda. Nanti akan ada pembahasan lebih detail tentang Headline. Tugas Anda nanti adalah membuat headline dari promosi Anda dan nanti kita akan evaluasi bersama. Asyik?  

PENAWARAN


Topik terpenting dalam bisnis bukan soal seberapa besar modal yang Anda keluarkan, seberapa pintar Anda mengelola keuangan, atau bagaimana mencari tempat strategis untuk bisnis Anda melainkan adalah bagaimana membuat Penawaran semenarik mungkin sehingga apabila orang menolak penawaran Anda kesannya bodoh dan menyesal. Orang-orang yang membeli produk Anda bukan hanya karena mereka suka atau membutuhkannya tapi bisa jadi karena meraka tertarik dengan penawaran Anda. Karena penawaran yang menarik itulah yang membuat mereka membeli produk Anda.
INGAT! Orang bukan membeli produk Anda, melainkan membeli SOLUSI atas masalah yang sedang mereka hadapi melalui produk Anda. Dari Buyer Persona Cheklist yang telah dibuat, Anda akan paham tentang detail produk Anda. Jawaban-jawaban Anda pada modul Buyer persona akan menjadi bahan untuk membuat penawaran menarik dari produk Anda dalam bentuk script copywriting yang ciamik. Bayangkan… jika seandainya Anda telah memiliki target market yang aduhai dan penawaran dalam bentuk copywriting yang ciamik, DIJAMIN Anda akan banjjir order seketika! Aamiin. Pada materi selanjutnya akan dibahas lebih dari 10 Tipe Penawaran/Promosi yang Mematikan!  

ALASAN


“Alasan yang paling sering membuat orang sering membuat iklan gagal adalah: pengiklan lupa menjelaskan mengapa orang-orang harus membeli produk atau jasa Anda.” (John Caples) Pebedaan antara orang jualan (selling) dan bualan (telling) terletak pada kemampuan Anda saat menjelaskan point WHY daripada WHAT. Point-point ini sebenarnya sudah dijelaskan pada materi Customer Persona Cheklist, kita akan review lagi.
Inilah point-point yang harus Anda lakukan untuk meyakinkan pembaca iklan Anda:
  • Kenapa mereka harus percaya kepada Anda?
  • Kenapa produk Anda lebih baik dari pada produk kompetitor yang sejenis?
  • Kenapa mereka harus membeli produk Anda?
  • Kenapa mereka harus membeli produk Anda sekarang?
  • Apa kerugian mereka jika menunda untuk membeli sekarang?
  • Kenapa ……….?
Jika Anda ingin membuat pembaca iklan Anda yakin dengan penawaran Anda, maka Anda harus membuat ALASAN KUAT kenapa mereka harus membeli produk Anda sekarang, tanpa menunda besok atau kapan-kapan.

BONUS


Pernahkan Anda membeli produk bukan karna Anda ingin produk tersebut melainkan Bonusnya? Pastinya sering kan, apalagi sekarang sedang rame produk digital yang mana para affiliate produk tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan sales terbanyak untuk dapat reward. Salah satu strategi para affiliate tersebut adalah dengan memberikan Bonus yang kadang nggak wajar. Karna dengan adanya BONUS akan semakin menguatkan pembaca untuk membeli produk Anda.
Ada setidaknya 3 hal yang harus Anda perhatikan dalam memberikan Bonus:
  • ADA NILANYA Gunakan Kata “Senilai atau Seharga Rp….” dalam Bonus yang Anda berikan. Misalkan “Bonus Ebook GRATIS Cara Cepat dan Mudah Menurunkan Berat Badan dalam Waktu 30 Hari Tanpa DIET senilai Rp 149.000”
  • RELEVAN Ada hubungannya dengan produk yang dijual. Misal jual Handphone Bonus Softcase, jual jilbab Bonus bross cantik. Namun bisa juga Anda memberikan Bonus yang tidak relevan, contoh lengkapnya ada di materi selanjutnya.
  • BERKUALITAS Berikanlah Bonus yang benar-benar berkualitas agar customer juga puas. Jangan sampai dengan Bonus tersebut customer malah kecewa, itu akan jadi boomerang buat Anda, jadi pastikan jelaskan dahulu dengan detail Bonusnya agar customer paham. Contoh-contoh Bonus dapat Anda dilihat pada modul 12 Cara Ampuh Meningkatkan Nilah Tambah. 

TESTIMONI


Testimoni sangat efisien untuk meyakinkan pembaca agar membeli produk Anda, karena bisa jadi orang tidak kenal Anda bahkan tidak tau produk Anda, itu akan susah menjual kepada calon customer Anda. Untuk meyakinkan pembeli maka gunakanlah testimoni dari customer sebelumnya yang telah mencoba dan membeli produk Anda.
Jika produk Anda baru akan launching maka berikan produk Anda kepada orang-orang yang authoritinya bagus misal artis, trainer, motivator, dll intinya mereka yang sudah punya fans, kemudian mintalah testimoninya. Semakin banyak testimoninya, semakin orang akan percaya dengan produk yang Anda jual. Namun dalam meminta dan menggunakan testimoni tidak sembarangan, ada caranya. Berikut tips meminta dan menggunakan testimoni :
  • Mintalah kepada pelanggan yang sudah beli atau pakai produk Anda. Ketika minta tastimoni gunakan kalimat yang tepat. Jangan salah tanya, “Sis, boleh minta testimoninya?” karna pertanyaan semacam ini punya 2 jawaban bisa “Boleh” atau “Tidak”, iya seneng kalo jawabannya Boleh, kalo Tidak, kan bisa kecewa. Maka dari itu gunakanlah kalimat yang tepat, misal “Apa yang bpk/ibu rasakan ketika memakai produk saya?” atau “Apa manfaat yang bisa mba/mas petik setelah membaca buku tersebut?” dll.
  • Gunakan testimoni yang positif dan spesifik agar orang benar-benar yakin bahwa testimoni tersebut benar terjadi. Misalnya, “Berat badan saya turun 8 kg dalam sebulan”, “Kulit saya kembali halus mulus hanya dalam 3 hari saja.”
  • Sertakan nama, foto, screenshoot atau gambar. Orang akan lebih percaya hasil dalam bentuk foto atau gambar yang disertai nama daripada hanya kata-kata saja.

GARANSI


Garansi selain bertujuan untuk menguatkan produk Anda juga untuk menghancurkan keraguan orang untuk membeli produk Anda. Ketika membuat garansi produk, Anda harus menyentuh rasa frustasi terbesar yang dialami oleh target market Anda. Pahami benar-benar perasaan mereka, Anda bisa lihat keseharian mereka di sosial media. Kasih tahu mereka bahwa produk Anda akan menjadi solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi. Saat memberikan garansi pastikan Anda juga melihat kualitas produk Anda, ini penting karena Garansi harus disesuaikan dengan produk atau jasanya, bukan asal memberikan garansi. Jika garansinya asal-asalan bisa menjadi boomerang tersendiri bagi produk Anda, karena bisa terjadi klaim atas garansi tersebut walaupun pada kenyataannya sebagian besar orang tidak mengklaim garansi tersebut.
Setidaknya ada 5 Jenis Garansi yang bisa Anda pakai untuk menguatkan suatu produk yang harus Anda pahami, berikut ulasannya:
Tipe 1. Money Back Guarentee
Hal yang paling ditakutkan ketika orang membeli sesuatu adalah penyesalan jika ternyata apa yang didapat tidak sesuai dengan uang yang dikeluarkan. Maka cara paling ampuh untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan ketakutan tersebut adalah dengan cara memberikan Money Back Guarentee atau Garansi Uang Kembali.
Inilah contoh-contoh bentuk Money Back Guarantee yang bisa Anda langsung contek :
  • 100% Money Back Guarantee
  • Double Money Back Guarantee
  • 100% Money Back Guarantee + Hadiah yang diterima boleh diambil/tidak perlu dkembalikan.
  • 100% Garansi Uang Kembali Jika Seminar Ini Tidak Memberikan Dampak Posotif Dalam Hidup Anda.
  • 100% Garansi Uang Kembali tanpa Kuitansi, tanpa Ditanya.
  • 100% Garansi Uang Kembali Ongkos Kirim Barang Kembali Kami yang Tanggung.
  • 100% Uang Kembali Jika Dalam 30 hari Aplikasi Tidak Bisa dipakai/rusak.
  • Apabila Anda menemukan ada yang lebih murah dari kami, akan kami ganti selisihnya.
  • Apabila Anda menemukan ada yang lebih murah dari kami, akan kami ganti selisihnya 2x lipat.
  • Investasi Kembali 100% Jika Anda Tidak Tembus Omzet 100Juta.
Tipe 2. Rusak Ganti Baru
  • Handphone Blackberry Garansi TAM, Rusak Ganti Baru.
  • Pisau Ginsun Garansi Seumur Hidup, Rusak Ganti Baru.
  • Powerbank Changhong Garansi 1 Tahun, Rusak Ganti Baru.
  • Tupperware Lifetime Warranty, Rusak Ganti Baru.
Tipe 3. Garansi Rusak Servise Gratis
  • Handphone Nokia memberikan Garansi Servis Gratis.
  • Powerbank Changhong, Setelah lewat 1 Tahun memberikan Servis Gratis.
  • Beli Sepeda Motor Honda Garansi Servise Gratis Selama 5 Tahun.
Tipe 4. Garansi Sparepart
  • Beli Produk SHARP Garansi Sparepart 12 hingga 120 bulan.
  • Kulkas LG 2 Pintu Garansi Sparepart berupa Kompressor selama 10 tahun.
Tipe 5. Garansi Servise + Sparepart Gratis
  • Mobil BMW terbaru Garansi Servise, Sparepart Gratis, Oli Gratis, selama 5 tahun pemakaian, ditambah test drive gratis dan gratis diantar sampai rumah.
P.S : Berikan GARANSI yang powerfull pada produk yang Anda jual. Pastikan garansi tersebut berbeda dengan kompetitor karena bila sama kama itu bukan nilai tambah Anda lagi.

CALL TO ACTION


Tujuan Call To Action adalah mendesak pembaca agar segera melakukan tindakan membeli atau memesan produk/jasa Anda saat itu juga. Jika Call To Action Anda lemah, maka orango-orang hanya menikmati tulisan dalam promosi Anda, namun mereka tidak akan membelinya. Lalu bagaimana caranya agar CTA Anda kuat dan menggerakan orang untuk segera action?
Berikut tips dalam menulis Call To Action:
  • Tulislah CTA lebih dari satu kali. Ini akan memberikan efek hipnosis. Mungkin Anda akan merasa bosan, namun tidak dengan pembaca. Secara bawah sadar mereka akan suka dan ujung-ujungnya mereka akan beli produk/jasa Anda.
  • Satu perintah dalam satu penawaran. Jika CTA Anda adalah meminta mereka menghubungi nomor yang Anda cantumkan, maka mintakan mereka melakukan saai itu juga. Dan berikan CTA yang sama dalam satu penawaran, jangan berbeda-beda. Bikin Puyeng!
  • Ini yang penting, To The Point. Jangan banyak basa-basi, langsung aja ke pointnya yaitu suruh mereka untuk beli sekarang juga.
Berikut Saya beri contekannya agar Anda makin mudah membuatnya:
  • Beli Sekarang!
  • SMS Sekarang!
  • Download Sekarang!
  • Miliki Sekarang Juga!
  • Invite PIN BB xxxxxxxx
  • KLIK DISINI
  • Gabung Group Facebook Disini
  • Lakukan hari ini!
  • Jangan ragu-ragu lagi, putuskan sekarang!
  • Apalagi yang Anda tunggu? SMS sekarang juga!
  • Dapatkan katalog Gratis kami sekarang!
  • Jangan sampai kelewatan!
  • Berminat?
  • Penasaran?

N.B = NOTA BENE


Anda yang sering menulis surat pasti tentu tidak asing dengan istlah N.B ini. Banyak orang yang melupakan element copywriting yang satu ini. Nota Bene merupakan element terpenting ke 2 setelah Headline, karena keberadaannya memaksa orang embaca iklan Anda untuk segera Action sekarang juga atau untuk menguatkan CTA Anda. Dalam N.B sebaiknya Anda cantumkan kenapa pembaca harus mengambil keputusan sekarang juga, tidak menunda besok atau kapan-kapan.
Berikut 3 tips dalam membuat N.B :
TIPS 1 – SOCIAL PROOF
Tunjukkan berapa orang yang telah atau membeli produk Anda. Kasih tahu pembaca jika mereka sudah puas dengan produk/jasa Anda.
TIPS 2 – SCARCITY
Berikan keterbatasan dalam segi jumlah produk, seat tersisa, hingga waktu promo berlaku, dll.
TIPS 3 – PAIN 
Kasih tahu pembaca apa kerugian yang akan mereka dapatkan ketika mereka nenunda atau tidak membeli produk/jasa Anda. Kasih tahu juga penawaran tersebut sudah Anda infokan ke banyak orang sedangkan kuotanya terbatas.
Berikut contoh-contoh frasa dalam menulis N.B :
  • Sudah lebih dari 2000 orang sudah merasakan keunggulan produk ini. Sekarang giliran Anda!
  • Kabar buruknya, saya baru saja menginformasikan ini ke 65.000 orang dan kuota hanya 350 orang. Daftar sekarang!
  • Siapa yang cepat, dia akan mendapatkan produk langka ini!
  • Sekarang adalah saat terbaik untuk memutuskan! SMS xxxxx Sekarang.
  • Harga promo tersebut hanya untuk 100 pembeli tercepat. Jika habis maka saya akan menutup penjualan ini segera!
  • Pada email berikutnya saya akan memberitahu kepada Anda bagaimana cara mendaftar Pre Order Kaos ini. Dan sekaligus saya akan memberikan BONUS EKSKLUSIF kepada Anda senilai Rp 990.000. Ingat! Jangan sampai kelewatan atau Anda menyesal!
  • Harga Pre Order hanya sampai tanggal 30 Januari 2016 saja. Maka, pastikan Anda mendaftar sebelum kuota penuh! Sip?
  • Penawaran ini hanya khusus hari ini saja sampai jam 21.00 WIB. Beli sekarang atau menyesal selamanya!
Itulah ke-8 Elemen Penting dalam Copywriting yang benar-benar harus Anda pahami betul jika Anda ingin mahir copywriting. Materi selanjutnya Anda akan mengetahui bagaimana cara menulis Headline yang mematikan pembaca.
Selamat Praktek!  


MODUL 5 – 12 HEADLINE YANG MEMBIUS PEMBACA


Headline menjadi unsur paling penting dalam sebuah copywriting. Mengapa? Jika Headline Anda tidak menarik untuk membuat orang PENASARAN untuk Lihat dan Baca, maka sia-sialah copywriting iklan kita selanjutnya.
Tujuan Headline bukan membuat agar pembaca membeli produk Anda melainkan agar pembaca PENASARAN terhadap isi di balik Headline tersebut kemudian membaca seluruh copywriting Anda, yang pada akhirnya mereka mau action dengan cara SMS, Telpon, Invite Pin, atau KLIK link Anda.
Begitu pentingnya sebuah Headline, jika Anda tidak bisa MEMBIUS pembaca dengan Headline Anda dalam waktu 3 detik, maka jangan berharap iklan Anda akan dibaca seluruhnya oleh pembaca.
Anda harus benar-benar memikirkan Headline yang tepat dalam setiap copywriting yang Anda buat agar hasilnya efektif dan efisien.
Berikut 12 Jenis Headline yang Bisa Membius Pamabca Iklan Anda:

BENEFIT HEADLINE


Headline jenis pertama ini lebih mengutamankan sisi KEUNTUNGAN baik Ekonomis maupun Psikologis bagi pembaca dan bisa digunakan pada media offline maupun online.
Contoh Benefit Headine dari sisi Keutungan Ekonomis:
  • DISKON GEDE 50%!
  • Beli SATU dapat DUA.
  • Paket Ekonomis Harga Meringis
  • GRATIS 5 Produk PLR Premium Khusus Pembelian Hari Ini!
  • Makan GRATIS Sepuasnya Bagi yang Puasa Senin Kamis!
  • Jumrah (Jumat Berkah), Makan Sepuasnya Cukup Bayar Separo Harga!
Contoh Benefit Headline dari sisi Keuntungan Psikologis:
  • 7 Strategi Rahasia Dongkrak Penjualan Dengan FB Marketing
  • Tips Praktis Mengatasi Masalah Finansial Anda
  • 7 Jurus Ampuh Bebas Hutang
  • Tips Jitu Membuat Script Copywriting Dalam Waktu 5 Menit Bahkan Kurang
  • Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Grogi
  • Cara Cepat Mengembalikan Berat Badan Ideal Pasca Melahirkan

NEWS HEADLINE


Headline jenis ini berisi tentang informasi yang bersifat BERITA atau PENGUMUMAN. Sangat cocok dipakai untuk launch produk baru, event, seminar, dsb.
Berikut contoh-contohnya:
  • Mega Seminar Pertama dan Terkahir di Tahun 2016!
  • Seminar Terdahsyat Diawal Tahun 2016
  • Buka Setiap Hari Kecuali Hari Kiamat.
  • Terobosan Nyata Dunia Medis Dalam Memerangi Penyakit HIV AIDS!
  • Fakta Terbaru Tentang Candi Borobudur
  • Penemuan Menggemparkan Sepanjang Tahun 2015

SELECTIVE HEADLINE


Headline jenis ini baik digunakan untuk Terget Market atau Kalangan TERTENTU.
Berikut Contoh-contoh Selective Headline:
  • Khusus Member Alfamart
  • Khusus Member Billionaire Store
  • Hanya Untuk Anda Pecinta Musik Jazz
  • Khusus Pengguna Kartu Indosat
  • Untuk Anda yang Ingin Melepaskan Masa Lajang
  • Training Ini Cocok untuk Manager, Sales Marketing, Direktur, dan Business Owner

CURIOSITY HEADLINE


Headline jenis ini digunakan untuk membuat orang lain PENASARAN dengan penawaran Anda. Sangat cocok dipakai dalam subject email, tautan link affiliate, dll yang bisa berupa pertanyaan dan pernyataan.
Berikut Contoh Curiosity Headline yang berupa PERNYATAAN:
  • Kesalahan Kecil Yang Merugikan Pengusaha Hingga 5 Milyar Per Tahun!
  • Sebuah Kecerobohan senilai 7 Milyar Rupiah yang Dapat Anda Hindari dengan Uang 60 Ribu Rupiah
  • Satu Trik Marketing Sederhana Yang Bisa Meningkatkan Konversi Penjualan Anda Hingga 300% dalam Waktu 6 Bulan
  • Inilah Cara Menghasilkan Uang Lebih Banyak Hanya Bermodalkan Blackberry
  • Inilah Kenapa Orang Kaya Bisa Menghasilkan Uang Ribuan Kali Lebih Banyak Dibandingkan Orang Kebanyakan Dengan Waktu Yang Sama.
  • Rahasia Jadian Tanpa Nembak
Berikut Contoh Curiosity Headline yang berupa PERTANYAAN:
  • Apa Rahasia Copywriting Agar Dibaca Banyak Orang?
  • Bagaimana Cara Menghemat Uang 50 Ribu Rupiah Per Bulan Selama 10 Tahun?
  • Bagaimana Cara Cepat Dongkrak Omzet Penjualan Dalam 7 Hari?
  • Bagaimana Cara Cepat dan Mudah Bebas Dari Jeratan Riba?
  • Tahukah Anda Cara Mudah Mulai Bisnis Online Tanpa Modal
  • Bagaimana Langkah Mudah Melunasi Hutang Bank Yanpa Harus Bayar Bunga?

GIMMIC HEADLINE


Headline jenis ini cenderung menggunakan PERMAINAN KATA dan KALIMAT berupa pengulangan bunyi, keterkejutan, atau tipuan.
Pengulangan bunyi digunakan untuk slogan dan sub judul iklan Anda. Affek keterkejutan cocok digunakan pada sosial media dan email marketing. Sedangkan gimmic headline tipuan efektif digunakan untuk broadcash BBM untuk memancing agar orang mau buka broadcash Anda.
Contoh Gimmic Headline menggunakan Pengulangan Bunyi:
  • Modal GRATIS, Hasil BOMBASTIS!
  • Sekali Broadcash, Langsung Dapat Cash.
  • Banjir Order Dari Reseller, Bikin Seger!
  • Jualan Terus, Rezeki Mulus
  • Rezeki Banter Dari Twitter
Contoh Gimmic Headline menggunakan Efek Keterjutan:
  • Saya Shock Berat!
  • Saya Kaget Banget, Sumpah!
  • Memang Benar!
  • Kali Ini Benar-benar kecawa!
Contoh Gimmic Headline menggunakan Tipuan:
  • Nomor rekeningnya berapa ya?
  • Kamu sedang ngapain?
  • Kok kamu gitu sih sekarang?
  • Oh gitu yah?
  • Ah Masa Sih?

FEAR HEADLINE


Headline jenis ini bisa digunakan untuk MENAKUT-NAKUTI pembaca, sehingga mereka benar-benar takut dan akhirnya menerima tarawan Anda. Fear Headline cocok digunakan untuk mendapatkan kepastian hidup, keamanan, dan kesehatan bagi pembacanya.
Berikut contoh-contoh Fear Headline:
  • Jangan Sampai Kehabisan!
  • Hati-Hati! Bahaya Boraks.
  • Hati-Hati! Serangan Jantung Bisa Membunuh Anda Kapan Saja.
  • Awas! Jangan Sampai Kehabisan.
  • Hati-Hati! Penuaan Dini Bisa Terjadi Pada Anda Kapan Saja

QUESTION HEADLINE


Headline jenis ini menggunakan PERTANYAAN kepada pembaca agar mereka menjawab dalam hatinya. Headline ini berfungsi untuk membangun awareness, brand, dan kedekatan dengan pembaca. Dalam menuliskannya Anda harus menggunakan pertanyaan terbuka agar pembaca menjawab Ya atau Tidak, Sudah atau Belum, Bisa atau Tidak Bisa, dll.
Contoh-contoh Question Headline:
  • Sudahkan Anda bersedekah Hari Ini?
  • Sudah Cek Tokopedia Belum?
  • Sudahkah Anda Minum Yakult Hari ini?
  • Apakah Anda Sudah Membuat Resolusi Tahun 2016?
  • Mampukah Anda Bebas Dari Jeratan Riba?
  • Dapatkah Anda Menghemat Uang 50Ribu/bulan Selama 3 Tahun Berturut-turut?

QUOTATION HEADLINE


Ketika membuat headline ini Anda MENCANTUMKAN KATA-KATA dari orang lain, misalnya ucapan seseorang, testimoni pelanggan, kutipan buku, aat dalam kitab suci, endorsement tokoh, dll.
Contoh-contoh Quotation Headline:
  • “Produknya Lezat, Anda Harus Cobain….!”
  • “Semua Bussiness Owner Harus Mengukuti Training Ini……..”
  • “Kalo Ingin Membangun Tim Penjualan Yang Loyal Beli Aja buku DOM….”

COMMAND HEADLINE


Headline jenis ini menggunakan KALIMAT PERINTAH atau mengajak orang untuk melakukan sesuatu.
Contoh-contoh Command Headline:
  • Buka Bersama Disini Yuk!
  • Yuk Bisnis!
  • Mari Sekolah!
  • Ayo Sedekah!
  • Stop Untuk Melakukan Hal-hal Tidak Berguna!
  • Stop Rokok Sekarang Juga!
  • Stop Pergaulan Bebas Remaja!

CLAIM HEADLINE


Pada penulisan Claim Headline ini Anda MENGAKU, MENGKLAIM, atau MENYATAKAN SESUATU SECARA SEPIHAK, bisa juga untuk produk Anda dengan meresa paling atau nomor satu misal terbaik, terkenal, paling keren, terpilih, tercepat, termudah, terfavorit, terlaris, terbesar, dll.
Berikut Contoh Claim Headline:
  • Motivator Terenerjik di Indonesia
  • Trainer NLP Terbaik Di Indonesia
  • Buku Paling Laris Sepanjang Masa
  • Makanan Paling Enak Di Dunia
  • Makanan Paling Mahal Di Dunia
  • Hotel Termewah Di Indonesia
  • Minuman Paling Segar Di Indonesia
  • Pelari Tercepat Di Dunia
  • Candi Terbesar Di Dunia
  • Seminar Terdahyat Di Awal Tahun 2016

TEASER HEADLINE


Headline ini berfungsi untuk MENANTANG pembaca untuk membuktikan kemampuan mereka, seolah – olah terkesan seperti meremehkan kemampuan pembaca.
Contoh-contoh Teaser Headline:
  • Buktikan Kemampuan Anda Disini, Sekarang!
  • Anda Tidak Akan Pernah Bisa Melampauinya!
  • Uang Tak Akan Sanggup Menggantikan Itu Semua.
  • Anda Pasti Akan Tergoda Dengan Penawarannya.

YOU & I HEADLINE


Headline jenis ini menggunakan kata “Saya” dan “Anda/Kamu” yang seolah-olah Anda sedang BERBICARA LANGSUNG dengan pembaca. Cocok untuk personal yang punya autority untuk membangun kedekatan dengan pembaca.
Contoh-contoh You & I Headline:
  • Saya Akan Tunjukkan Kepada Anda Bagaimana Membuat Toko Online Semudah Buka Tutup Botol.
  • Saya Mengajak Anda Untuk Mengikuti UNDIAN GRATIS Motor, Mau?
  • Saya Akan Bagikan Strategi Penjualan Yang Selama Ini Saya Rahasiakan Kepa Anda, Mau?
  • Apakah Anda mau Saya Tunjukkan Bagaimana Caranya Menurunkan Berat Badan Hingga 15 Kg Dalam Waktu 1 Bulan Tanpa Diet?
Bagaimana apakah Anda sudah memahami ke 12 HEADLINE tersebut?
Tugas Anda selanjutnya adalah buat Headline dari produk Anda, jika kreatif Anda bisa membuat 12 Headline Sekaligus dalam satu produk. Siap?
Selamat Praktek!


EmoticonEmoticon